Khasiat Daun Pepaya untuk Obat Demam Berdarah

Ditulis Oleh | Sabtu, 08 Februari 2020 07:04 | Dibaca : 323 Kali
Daun pepaya bisa menjadi obat demam berdarah/Foto: Thinkstock Daun pepaya bisa menjadi obat demam berdarah/Foto: Thinkstock

Pepaya dianggap sebagai salah satu buah yang paling sehat dan membantu menyembuhkan banyak penyakit. Tidak hanya dagingnya, ternyata daunnya juga berkhasiat untuk meningkatkan jumlah trombosit sehingga ditengarai menjadi obat rumahan terbaik untuk melawan demam berdarah dan penyakit lainnya.


 

Seperti dilansir dari laman Times of India, daun pepaya mengandung senyawa fenolik, papain dan alkaloid. Nutrisi ini berperan sebagai antioksidan kuat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Selain itu, kombinasi papain dan senyawa lainnya membantu secara efektif mencerna protein penting yang dapat menyembuhkan gangguan pencernaan.

Menurut penelitian, ekstrak daun pepaya meningkatkan jumlah trombosit pada pasien yang menderita demam berdarah. Penelitian ini dilakukan pada 400 pasien, sebagian mendapat pengobatan standar untuk demam berdarah dan sebagiannya lagi berada dalam kelompok kontrol, menerima dosis spesifik dari ekstrak daun pepaya dalam bentuk tablet.

 

Hasilnya ditemukan bahwa pasien dalam kelompok kontrol memiliki jumlah trombosit yang meningkat selama terapi pepaya dan memiliki lebih sedikit efek samping. Mereka juga tidak memerlukan transfusi darah.

 

Tak sedikit pakar kesehatan yang merekomendasikan jus daun pepaya ini sebagai obat yang efektif mengobati demam berdarah. Selain mengobati, ekstrak daun pepaya pun diklaim bisa mengurangi gejala penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes yang ditularkan ke dalam darah, seperti demam tinggi, ruam kulit dan penurunan jumlah trombosit.

 

Sumber : Suherni Sulaeman - detikHealth

Daud Fek

ADMINISTRASI

puskosp.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.