Imunisasi Tetap Perlu Dilakukan di Masa Pandemi

Ditulis Oleh | Rabu, 29 April 2020 06:28 | Dibaca : 276 Kali
ilustrasi imunisasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika) ilustrasi imunisasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Selama masa Pendemi COVID-19 Imunisasi tetap dapat diberikan dan jadwal Imunisasi di Puskesmas Oesapa setiap hari rabu dan sabtu.


“Pelaksanaan imunisasi tetap perlu dilakukan dalam masa pandemi ini,” kata Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Kesejahteraan Anggota Pengurus Pusat IDAI Prof Hartono Gunardi dalam siaran pers organisasi yang diterima di Jakarta, Sabtu (25/4).

Menurut anggota Satuan Tugas Imunisasi IDAI Prof Ismoedijanto, imunisasi lengkap bagi anak dilaksanakan sesuai rekomendasi IDAI dan Kementerian Kesehatan.

"Yang perlu diprioritaskan adalah anak berusia di bawah 18 bulan. Di wilayah penularan luas COVID-19, apabila tidak memungkinkan diberikan imunisasi, dapat ditunda hingga sebulan," katanya.

Ketua Satuan Tugas Imunisasi IDAI Prof Cissy B Kartasasmita juga mengatakan imunisasi bisa diundur jika pelayanan tidak memungkinkan dilakukan, tapi tetap dengan prioritas sesegera mungkin dilaksanakan.

Imunisasi dasar lengkap untuk bayi berusia nol sampai satu tahun dalam program pemerintah meliputi imunisasi BCG, DPT, polio, campak, dan Hib. Selain itu, IDAI merekomendasikan pemberian vaksin untuk mencegah pneumonia pada anak.

IDAI berharap tenaga kesehatan, orang tua, dan masyarakat memahami arti penting imunisasi sesuai usia anak untuk melindungi anak dari berbagai penyakit yang berisiko menimbulkan kecacatan dan kematian.

 

Sumber : CNN Indonesia  

Editor    : DF

Daud Fek

ADMINISTRASI

puskosp.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.