Puskesmas Oesapa Kupang

Informasi Kesehatan

Cara Menghilangkan Stres Pikiran Dalam Segala Situasi, Bikin Kualitas Hidup Semakin Membaik

Ditulis Oleh | Selasa, 15 Oktober 2019 07:05
Beri Rating
(0 votes)
Ilustrasi Stres Ilustrasi Stres

Pernah merasakan stres? Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar.

 

Stres tidak selalu buruk, walaupun biasanya dibahas dalam konteks negatif, karena stres memiliki nilai positif ketika menjadi peluang saat menawarkan potensi hasil. Sebagai contoh, banyak profesional memkamung tekanan berupa beban kerja yang berat dan tenggat waktu yang mepet sebagai tantangan positif yang menaikkan mutu pekerjaan mereka dan kepuasan yang mereka dapatkan dari pekerjaan mereka.

Stres bisa positif dan bisa negatif. Para peneliti berpendapat bahwa stres tantangan, atau stres yang menyertai tantangan di lingkungan kerja, beroperasi sangat berbeda dari stres hambatan, atau stres yang menghalangi dalam mencapai tujuan. Meskipun riset mengenai stres tantangan dan stres hambatan baru tahap permulaan, bukti awal menunjukan bahwa stres tantangan memiliki banyak implikasi yang lebih sedikit negatifnya dibanding stres hambatan.

 

Stres menampakkan diri dengan berbagai cara. Sebagai contoh, seorang individu yang sedang stres berat mungkin mengalami tekanan darah tinggi, jadi mudah jengkel, sulit membuat keputusan yang bersifat rutin, kehilangan selera makan, rentan terhadap kecelakaan, dan sebagainya. Tidak ada cara untuk menghindarinya. Namun ada cara menghilangkan stres yang bisa kamu coba.

 

 

  1. Makan sehat

Meski faktor psikologis mempunyai porsi terbesar pada timbulnya stres, faktor fisik juga ikut berkontribusi terhadap respons alamiah manusia. Cara menghilangkan stres pikiran, pastikan kamu memperlakukan tubuh dengan benar. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makan sehat. Makanan yang mengandung kadar alkali antara lain lemon, kacang, bawang, nanas, biji labu, raspberry, ubi jalar, jus sayuran, dan semangka bisa membantu menghilangkan stres lho.

 

  1. Bangun lebih awal

Memang benar jika semakin banyak tidur, kamu akan lebih sedikit rentan pada stres. Cara menghilangkan stres pikiran selanjutnya adalah dengan bangun 15 atau 20 menit lebih awal setiap pagi yang memiliki manfaat daripada tidur lebih lama.

 

Dengan tambahan waktu, kamu tidak akan merasa terburu-buru atau mudah letih di pagi hari. Hal ini memungkinkan kamu menghindari diburu waktu, mempersiapkan diri dengan lebih baik, dan makin percaya diri.

 

  1. Biarkan stres memotivasi kamu

Kamu tak akan pernah bisa menghilangkan 100 persen stres. Cara menghilangkan stres pikian adalah membiarkan stres itu sendiri memotivasi kamu. Ya, reaksi psikologis dan fisik yang disebabkan oleh stres seharusnya dapat meningkatkan indera dan memberdayakan kita untuk melawan atau melarikan diri ancaman stres itu sendiri.

 

Jika kamu tertekan oleh banyaknya pekerjaan di minggu ini, cobalah untuk mengambil waktu lembur setidaknya lebih 3 jam dan ulangi di esok hari. Jika kamu tertekan karena penghasilan terlalu sedikit ? Carilah pekerjaan sampingan untuk mendapatkan lebih banyak uang. Mengambil tindakan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membunuh stres, ketimbang hanya meratapi diri dengan tidak melakukan apa pun yang berarti.

 

  1. Tonton video lucu

Cara menghilangkan stres pikiran paling mudah adalah menonton video lucu di mana pun saat ada kesempatan. Penelitian menunjukkan jika melihat sesuatu yang menyenangkan dapat mengaktifkan bagian otak yang menghasilkan respons ketenangan secara fisiologis dan ketenangan secara menyeluruh. Hal ini dapat mengurangi kecemasan dan kamu akan lebih dimanjakan dengan kebahagiaan.

 

  1. Berjalan-jalan di luar

Cara menghilangkan stres selanjutnya adalah dengan berjalan-jalan di luar rumah. Sama seperti aktivitas kardiovaskular lainnya, berjalan meningkatkan endorfin dalam tubuh. Endorfin akan meredakan depresi ringan dan meningkatkan suasana hati.

 

Sejumlah studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di luar rumah adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Hal ini dapat meningkatkan tingkat energi dan memori sebanyak 20 persen. Studi di UK menjelaskan jalan-jalan di ruang hijau mengirim pesan pada otak di mana kamu sedang melakukan meditasi.

 

SUMBER LIPUTAN6 (Risky Mandasari)

Dibaca 667 Kali
Daud Fek

ADMINISTRASI

puskosp.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Pengambilan Sampel DAM Di Kelurahan Kelapa Lima Oleh Petugas Kesling Puskesmas Oesapa

Pengambilan Sampel DAM Di Kelurahan Kelapa Lima Oleh Petugas Kesling Puskesmas Oesapa

Tujuan Pengambilan Sampel Sampling Air Untuk mendapatkan sampel, Read More
Mengerikan!!! keripik dan kerupuk yang anda makan

Mengerikan!!! keripik dan kerupuk yang anda makan

Keripik dan Kerupuk menjadi salah satu snack yang Read More
Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Jahe merupakan salah satu tanaman TOGA (Tanaman Obat Read More
Penyuluhan Imunisasi MR Puskesmas Oesapa

Penyuluhan Imunisasi MR Puskesmas Oesapa

Vaksin MR (vaksin campak dan rubella) diberikan untuk Read More
Senam GERMAS ( Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ) Puskeskemas Oesapa Dan Pustu

Senam GERMAS ( Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ) Puskeskemas Oesapa Dan Pustu

“JUMAT SEHAT” PUSKESMAS OESAPA Jumat sehat adalah salah Read More
Bunga Ungu Untuk kecantikan dan Kesehatan

Bunga Ungu Untuk kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Daun Ungu untuk Kecantikan dan Kesehatan Tanaman Read More
Pria Wajib Tahu

Pria Wajib Tahu

PRIA WAJIB TAHU Maskulinnya seorang pria tergantung dari Read More
Si Iva Juruselamat Kaum Perempuan

Si Iva Juruselamat Kaum Perempuan

SI IVA JURUSLAMAT KAUM PEREMPUAN PENGERTIAN IVA IVA Read More
  • 1